Senin, Januari 20, 2020

5 Tanaman Obat yang Dikirim Allah SWT sebagai Berkah

5 Tanaman Obat yang Dikirim Allah SWT sebagai Berkah
Sahabat Dream sudah tahu?
Dream - Jauh sebelum pengobatan canggih berkembang seperti sekarang, tanaman-tanaman herbal dijadikan andalan sebagai penyembuhan. Hingga kini pun obat herbal tetap menjadi tradisi yang kuat di banyak negara.
Dalam teks-teks Islami salah satunya karya Ibnul Qayyim berjudul " Natural Healing with the Medicine of the Prophet" , berbagai tanaman herbal yang memiliki efek bagi kesehatan dituliskan.
Tanaman tersebut juga disebutkan dalam Alquran. Berikut lima tanaman obat yang dipercaya dikirim Allah SWT bagi umat manusia sebagai bentuk keberkahan.
Jinten Hitam
Habbatussauda atau jinten hitam (Nigella sativa) boleh dibilang anaman herbal yang paling penting bagi umat Islam. Diketahui dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad pernah mengungkap kalau habbatussauda merupakan obat untuk semua penyakit. Baik berupa biji atau minyak yang diekstraksi. Bisa juga digunakan untuk memberikan rasa pada hidangan manis, gurih, roti dan kue kering.

Klabet

Daun dan biji dari fenugreek atau klabet (Trigonella foenum-graecum) kerap digunakan untuk memasak. Keduanya juga bisa digunakan sebagai obat. Dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW menyatakan, " Jika bangsa saya tahu apa yang baik dalam fenugreek, mereka akan membelinya untuk emas" .
 Fenugreek
Fenugreek sangat bermanfaat untuk berbagai kondisi terutama bagi kaum Hawa. Seperti kesuburan, persalinan, laktasi, menstruasi dan libido. Bisa juga digunakan untuk meringankan sakit kepala, masalah pencernaan, sembelit, sakit kepala, demam dan banyak lagi.

Kecambah air

Kecambah air atau cress, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti disinggung dalam sebuah hadits yang dikutip Ibn Qayyim “ Suatu penyembuhan yang dilakukan oleh dua obat pahit yang dibawa: Thuffaa (cress) dan gaharu" .
 Kecambah air
Kecambah air kaya akan kalsium, zat besi, vitamin, dan antioksidan. Bisa digunakan untuk mengobati masalah perut, limpa dan kantong empedu, meningkatkan metabolisme, memurnikan darah, membersihkan tubuh dari parasit dan menambah nafsu makan.

Bawang putih

Bawang putih memiliki zat antijamur yang kuat, antiparasit, antibakteri, antivirus dan antioksidan.
 Bawang Putih
Ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit seperti pilekinfeksi saluran pernapasan dan memiliki potensi untuk menurunkan gula darah dan kolesterol. Termasuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghambat kanker.

Basil

Berbentuk daun, basil lebih banyak digunakan untuk mengolah masakan. Aromanya cukup kuat dan sebenarnya merupakan tanaman obat.
 Basil
Efeknya bisa meredakan ketegangan, stres, dan sakit kepala. Termasuk mengurangi peradangan dan menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

HUBUNGAN AIR, TANAH & TANAMAN. - ppt download

HUBUNGAN AIR, TANAH & TANAMAN. - ppt download : Lingkaran Tanah-Air-Tanaman LTAT mrpk sistem dinamik dan terpadu dimana air mengalir d...