Minggu, Oktober 09, 2011


I.1. Arti Pertanian
Pertanian dapat diberi arti terbatas dan arti luas. Dalam arti terbatas ialah pengolahan tanaman dan lingkungan agar memberikan suatu produk. Sedangkan dalam arti luas pertanian ialah pengelolaan tanaman, ternak dan ikan agar memberikan suatu produk.
Ilmu pertanian ialah ilmu yang mempelajari bagaimana mengelolah tanaman, ternak, ikan dan lingkungan agar memberikan hasil yang semaksimal mungkin. Ilmu pertanian ini sekarang berkembang menjadi ilmu pertanian yang mempelajari pengelolaan tanaman saja, ilmu peternakan yang mempelajarin pengelolaan ternak saja dan, ilmu perikan yang mempelajarin pengelolaan ikan dan hewan air lainnya. Karenanya ketiga ilmu tersebut termasuk ilmu pertanian dalam arti luas, sedang ilmu yang hanya mempelajari pengelolaan tanaman saja termasuk ilmu pertanian dalam arti terbatas. Dan yang terakhir inilah yang biasa disebut dengan ilmu pertanian.
Ciri-ciri suatu kegiatan pertanian adalah:
1.      Dalam proses produksi harus terbentuk bahan-bahan organik dari zat anorganik dan bantuan tumbuhan atau hewan.
2.      Adanya usaha manusia untuk memperbaharui proses produksi yang bersifat "reproduktif" dan "budidaya
1.2. Arti Ilmu Pertanian
            Ilmu ialah pelajaran dari pengetahuan yang terbentuk meenjadi suatu system, umumnya tergantung pada pengamatan dan pengujian fakta sehingga menimbulkan hukum-hukum alami yang menyeluruh. Apabila yang pelajari adalah pengetahuan tentang pertanian maka ilmu itu adalah ilmu pertanian. Karena pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi proses dalam pertanian berkembang maka ilmu pertanian juga berkembang, beranting menjadi banyak macam ilmu. Karena proses dalam pertanian dapat dibagi menjadi proses pra panen dan pasca panen, maka ilmu-ilmu pertanian juga dapat dikelompokkan menjadi ilmu-ilmu pra panen dan ilmu-ilmu pasca panen.
1.2.1. Pengelompokan ilmu-ilmu pertanian
            Beberapa ilmu pokok yang termasuk dalam ilmu-ilmu pertanian ialah:
  1. Yang mempelajari kelompok faktor iklim, misalnya Meteorologi, klimatologi, ilmu peramalan cuaca.
  2. Yang mempelajari kelompok ganguan, misalnya Ilmu Hama Tumbuhan, Ilmu Penyakit Tumbuhan, Ilmu Gulma.
  3. Yang mempelajarin kelompok esensiil, misalnya Fisiologi Tumbuhan, Ilmu Pengairan dan Drainase, Ilmu Tanah, Ilmu Pemupukan.
  4. Yang mempelajarin kelompok faktor bahan tanaman, misalnya Botani, Ilmu Genetika, Statistika, Ilmu Rancangan Percobaan, Ilmu Seleksi Tumbuhan, Ilmu Pemuliaan Tanaman.
  5. Yang mempelajarin kelompok faktor pengelohan produk pertanian, misalnya Teknologi Hasil Pertanian, Mikrobiologi, Biokimia, Ilmu mgsin dan Alat-alat Pertanian.
  6. Yang mempelajarin kelompok faktor penyimpanqn produk pårtaniin, misalnya Fisiologi Lewat Panen, Ilmu Hama Gudang, Ilmu Penyakit Pqsca Panen.
  7. Yang mgmpelajárin kelïmpok vaktor"pemasaran, misalnya Ilmu Ekonomi Pertanian, Ilmu Koperasi/ Ilmu Pertania~.
  8. Yang mempelajarin kelompok faktor social, íisalnya Sosyologi Pedesaen, Ilmu Penyuluxan, Ilmu Komunikasi.
Ilmu-ilmu pokok tmrsebut bercabang dan cåranting seperti terlihat rada table q. Di sa}ping ivu inmu-ilmu lain yang aka~ menduoung kelanciran pedalaman, pengembangan din penerapan secara baik inmu-ilmu pertaîian0diberiëan(pula dasar dan xelengkap.
1.2.2. Macam Ilmu-mlmu pertanian
      Ilmu-ilmu yang termasuk äclam ilmw pertanian banyao macamnya. Untuk memberikan gambazan dapat fiambil contoh yang disediakan paäa salqh satu Fakultas Pgrtanian. Fakõltas pertanian Univmrsitas Muhammadiyaè Sumatera!Utara"memberikan iìmu-ilmu seperty$tercentu} xada tcâlå 1. Sekian banyak cabang dan ranting ilmu pertqnian dengan jumlih leâih dari emapcr ratus satuqn Ëredit Semester (SKS), tidak mungkin dapat diselesaiken omeh seorang mahaséswa selama satu masa setudi (empat tahun),2kaòena itu mahasiswe dapat memilih {alal satu bkdang kgihlian a|au jurusaî. Ada tigi jurusan0di Fakultas Pgrtanian UMSU, Agroteknologi, Agrobisnis dan Ilmu Teknologi Pangan."Karena seorang óarjana tertanian hanyc ahli dulao satu biding sesuay dengqn jurusan"yang diðilih. Maka t}dck mungkin dengan keahliann{a itu saja tanpa adanya keterpaduan dengan {eahlian ying lain dalam penerasan ilmu!dapeô mencapai tujuan usala perôanian yaîg sebenarannya.



dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUBUNGAN AIR, TANAH & TANAMAN. - ppt download

HUBUNGAN AIR, TANAH & TANAMAN. - ppt download : Lingkaran Tanah-Air-Tanaman LTAT mrpk sistem dinamik dan terpadu dimana air mengalir d...