Taman Semalem

Taman Semalem

Sabtu, Januari 14, 2012

pengaruh pemberian pupuk kandang dan penggunaan mulsa cangkang telur serta interaksi keduanya terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman semangka (Citrullus vulgaris SCHARD)


RINGKASAN
Muhammad Alqamari

Penelitian ini dilaksanakan di lahan percobaan Balai Pengkajian Teknologi Pangan (BPTP) Medan. Jalan A.H. Nasution dengan ketinggian ± 27 meter dari permukaan laut. Mulai bulan Juli 2008 sampai dengan September 2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang dan penggunaan mulsa cangkang telur serta interaksi keduanya terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman semangka (Citrullus vulgaris SCHARD)
Penelitian ini dirancang menurut Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan pupuk kandang sebagai faktor perlakuan pertama.  Faktor pupuk kandang  terdiri atas empat taraf yaitu perlakuan kontrol (0 kg/tanaman) yang dinotasikan sebagai K0, taraf 0,5 kg/tanaman (K1) dan taraf 1,0 kg/tanaman (K2) dan taraf 1,5 kg/tanaman (K3). Sedangkan faktor perlakuan mulsa terdiri atas 2 taraf yaitu M0 (tanpa mulsa) dan M1 (mulsa cangkang telur).  Seluruh unit percobaan diulang sebanyak 3 kali, sehingga seluruh unit percobaan berjumlah 24 unit percobaan.  Masing-masing unit percobaan terdiri dari empat tanaman dengan tiga tanaman sebagai sampel penelitian. Peubah yang diukur dalam penelitian ini meliputi pengamatan panjang tanaman, umur mulai berbunga, umur panen, produksi buah per tanaman dan diameter buah.
Berdasarkan hasil analisis data secara statistik dengan metode sidik ragam, uji beda rata-rata, analisis regresi dan korelasi dapat diketahui bahwa hingga dosis 1,5 kg/tanaman pemberian pupuk kandang menunjukan hubungan linier terhadap panjang tanaman dan produksi buah per tanaman, sedangkan dari penggunaan mulsa pengaruh yang sangat nyata ditunjukkan oleh panjang tanaman dan umur mulai berbunga sedangkan pada peubah yang lain, kedua perlakuan dan interaksinya memberikan pengaruh yang tidak signifikan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar